Kebersamaan dalam Berkontribusi di Organisasi

Seringkali kita mendengar kata-kata kebersamaan,khususnya bagi mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas atau organisasi. Tapi terkadang individu didalam kelompok tersebut tidak tahu arti dari makna kebersamaan itu bahkan mereka melalaikan arti makna dari kebersamaan tersebut. Mengapa rasa kebersamaan begitu penting dalam sebuah organisasi, ikatan, kelompok maupun suatu komunitas? Kata "Kebersamaan" memiliki makna sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa.
Kebersamaan harus diciptakan dan dijaga oleh setiap individu yang tergabung didalamnya. Sehati dan satu pikiran atau satu visi .Dalam sebuah organisasi akan terdapat banyak orang yang memiliki pendapat berbeda dan pola pikir yang berbeda. Satu orang memiliki satu ide, bayangkan kalau di dalam organisasi itu memiliki seribu orang dengan berbagai ide dan pemikiraanya. jika ingin membuat suatu organisasi menjadi kuat dan solid, maka selayaknya kepentingan bersama harus lebih diutamakan dari kepentingan pribadi dan harus meninggalkan perbedaan,perbedaan pemikiran demi tercapai nya organisasi yang di inginkan tadi.
Sifat egois merupakan sifat alami manusia, apapun yang tidak memiliki nilai tambah atau berguna baginya, pasti dia tidak akan memperdulikannya dan tidak mau berpartisipasi di dalamnya. Dan Jika sifat ini tidak ubah dan tetap ada dalam sebuah organisasi, maka bisa dipastikan organisasi tersebut tidak akan berjalan walaupun mempunyai program yang telah di rencanakan.hal itu di karenakan tidak ada anggota yang mau melakukannya, karena semua menganggap apa yang mereka lakukan tidak ada untung bagi mereka. Jika kita ingin memiliki organisasi yang solid, maka kita  harus mulai untuk belajar menurunkan Ego, dan tidak mementingkan diri sendiri demi kepentingan bersama.
Organisasi pastinya memiliki anggota yang berbeda-beda latar belakangnya. Terkadang ada sebagian anggota yang terlibat tidak memiliki keahlian dan pengalaman khusus, modal mereka hanya sekedar kerelaan demi memberikan sumbangsih. Maka selayaknya anggota yang memiliki usia lebih tua, pengalaman lebih matang, keahlian lebih tinggi, kondisi finansial lebih beruntung, untuk menekan rasa sombong dalam diri dan rela bekerja sama (sambil menuntun) dengan anggota lainnya. Maka disinilah perlu kerendahan hati setiap anggotanya agar dapat menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompok yang terkotak-kotak.
Setiap individu dalam sebuah organisasi, akan memiliki sumbangsih yang bisa berbeda-beda. Ada yang menyumbangkan dana, pikiran, fasilitas, tenaga atau waktu. yang punya finansial lebih menyumbangkan dana utk transportasi dan konsumsi, sementara yang memiliki waktu menyumbangkan tenaga dan waktunya utk melaksanakan tugas. Perbedaan sumbangsih jangan sampai membuat gesekan negatif yang bisa berdampak pada perpecahan. Jika ingin bekerja bersama-sama, maka siapkan kerelaan untuk mau berkorban dan jangan pernah itung-itungan.
Jika setiap individu dalam sebuah organisasi memahami dan terus belajar untuk memenuhi 4 unsur diatas, maka lambat laun organisasi yang dikembangkan akan menjadi semakin kuat dan solid di kemudian hari. Kesadaran diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan terus bertumbuh, akan sangat membantu proses perubahan diri.
Kontribusi adalah peran kita terhadap sesuatu. Jadi bisa dikatakan bahwa kontribusi merupakan bantuan kita terhadap organisasi. Bantuan disini bisa waktu,tenaga, dan pikiran. Organisasi ialah suatu kumpulan sistem yang di dalamnya terdapat banyak anggota yang menjalankan sistem tersebut.Perlu di garis bahwa organisasi pasti memiliki sistem dimana sistem tersebut akan berjalan dengan baik bila anggotanya menjalankan dengan baik pula , begitu juga sebaliknya jika anggota organisasi tersebut tidak menjalankan sistem dengan baik akan hancur suatu organisasi tersebut. Disini kita membutuhkan kebersamaan dan kontribusi untuk menjalankan sistem organisasi yang baik. Karena dengan bekerja sama yang baik antar anggota sistem yang di jalankan terasa sangat mudah untuk diselesaikan, bekerja sama saja tidak cukup, kita harus berkontribusi dalam hal ini, karena jika kita menyumbang tenaga,waktu, dan ide untuk organisasi tersebut sistem di dalam organisasi tersebut akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu point yang berada diaatas perlu di perhatikan terutama di point kebersamaan.


Artikel Selanjutnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url